Sabtu, 12 April 2014

Apa itu Sesasi dan Apa itu Persepsi??

Assalamualaikum sobat..

   Postingan kali ini saya akan coba membahas mengenai apa itu sensasi dan persepsi. Sebenarnya saya bertanya-tanya saat mempelajari materi ini, apa sih sensasi dan persepsi itu? seperti apasih yang dikatakan sensasi dan seperti apa pula yang dikatakan persepsi?
maka dari itu langsung aja kita bahas..

Sensasi

Apasih sensasi itu? dan seperti apasih yang dikatakan sensasi itu?
   Sensasi berasal dari kata "sense" yang berarti alat pengindraan, yang menghubungkan organisme dengan lingkunannya. Menurut Dennis Coon, "Sensasi adalah pengalaman elementar yang segera, yang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis, atau konseptual, dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indera." 



   Jadi dapat di ambil kesimpulan, sensasi merupakan proses manusia dalam menerima stimulus (ransangan) melalui alat indera yang dimiliki manusia. Sensasi lebih cenderung hubungannya dengan perasaan. Sensasi sendiri dapat terjadi ketika dalam lingkungan eksternal atau dalam tubuh merangsang reseptor dalam organ-organ indera. Seperti yang kita tahu bahwa manusia mempunyai lima indera, yang berhubungan dengan lima organ inderawi: penglihatan (mata), pendengaran (telinga), pengecap (lidah), indera peraba (kulit) dan indera penciuman (hidung).

Macam-macam sensasi
1. Penglihatan (mata)
  Dengan indera penglihatan yaitu mata, setiap orang dapat melihat berbagai objek baik itu bendan hidup ataupun benda mati, seperti keindahan alam dilingkungan sekitar. Serta mata adalah salaah satu instrumen manusia untuk menerima informasi pada tahap awal dan mata adalah jendela yang menghubungkan manusia dengan dunia. Misalnya, saat melihat pelangi setelah hujan dan lain-lain.
2. Penengaran (telinga)
  Sensasi auditori didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga. Dengan indera pendengaran kita mampu mengenali suara pada manusia dan binatang, melalui indera ini juga kita dapat membedakan suara keras, lemah dan lembut dari sebuah percakapan atau saat kita sedang mendengarkan musik.
3. Pengecap (lidah)
    Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indera pengecap yang terdapat kemoreseptor (bagian yang berfungsi untuk menangkap rangsangan kimia yang larut pada air) untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam mulut akan direspon oleh lidah di tempat yang berbeda-beda.
4. Peraba (kulit)
   Kulit adalah alat peraba yang dapat merasakan permukaan benda yang halus atau yang kasar, bahas maupun kering. Dengan indera peraba kita dapat merasakan rasa sakit apabila tersentuh benda tajam atau kasar.
5. Penciuman (hidung)
    Hidung adalah indera penciuman yang dapat membedakan yang mana yang bau dan yang mana yang wangi. Misalnya saat ada seorang teman yang tidak sengaja menumpahkan minyak lampu maka akan tercium bau minyak lampu yang cukup menyengat.

Persepsi

   Setelah mengetahui sensasi dan seperti apa itu sensasi dari penjelasan di atas, kita juga perlu mengetahui apa itu persepsi dan seperti apa itu persepsi. 
Menurut Slameto(2003:102) : "Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan dan informasi di dalam otak manusia. Informasi dan pesan yang diterima tersebut muncul dalam bentuk stimulus yang merangsang otak untuk mengelolah lebih lanjut yang kemudian mempengaruhi seseorang dalam berperilaku." sedangkan  menurut Rakhmat(2005:51) : "Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan peran."

   Sensasi merupakan awal mulanya sebuah proses persepsi. Jadi dapat di katakan bahwa Persepsi adalah cara kita dalam menginterpretasikan pesan yang telah diproses oleh alat indera kita(sensasi). Contoh : Saat saya memakan permen mentos rasa lemon (sensasi). kemudian saya teringan dengan permen mentos rasa lemon pemberian ibu dosen saat pelajaran psikologi. Saat kita melakukan persepsi maka kita dapat memperoleh pengetahuan baru, ini di karenakan persepsi mengubah sensasi menjadi suatu informasi. 


Coba perhatikan gambar di atas dengan baik. Bentuk apa terlihat pada gambar tersebut?
Mungkin ada yang melihat dua wajah yang saling pertatapan, ada yang melihat sebuah piala dan mungkin ada yang melihat keduaya. Setiap orang dari kita pasti memiliki persepsinya masing-masing dari gambar tersebut.

Perbedaan persepsi dengan sensasi

Istilah persepsi sering dikacaukan dengan sensasi. Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya dan ingatan-ingatan yang berhubungan dengan stimulus tersebut. Misalnya meja yang terasa kasar, yang berarti sebuah sensasi dari rabaan terhadap meja.
Sebaliknya persepsi memiliki contoh meja yang tidak enak dipakai menulis, saat otak mendapat stimulus rabaan meja yang kasar, penglihatan atas meja yang banyak coretan, dan kenangan di masa lalu saat memakai meja yang mirip lalu tulisan menjadi jelek.

Semoga dari penjelasan mengenai sensasi dan persepsi diatas dapat memberi gambaran yang cukup jelas bagi kita, untuk tidak salah dalam membedakan mana yang disebut sensasi dan mana yang disebut dengan persepsi. Dan gambar di bawah ini adalah bungkus permen mentos hasil dari pembelajaran psikologi mengenai sensasi dan persepsi. 
Apa yang kamu pikirkan saat dibagikan perman?? sensasi atau persepsi. :D



Referensi :
  • http://ratih-f-a-fpsi05.web.unair.ac.id/artikel_detail-46656-Psikologi%20Umum%20II-SENSASI%20&%20PERSEPSI.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Persepsi#Pembedaan_dengan_sensasi
  • http://hananimiftahul.wordpress.com/2013/10/09/makalah-psikologi-umum-sensasi-dan-persepsi/




1 komentar: